Sabtu, 07 September 2013

12 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Diposkan oleh Nirmala di 09.14

Kita seringkali hanya memperhatikan makanan yang kita konsumsi apakah memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, protein dan komponen lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita mengabaikan kebiasaan kecil sehabis makan yang diluar dugaan kebiasaan hidup yang tidak baik ini malah kemungkinan menjadi pembunuh yang sewaktu-waktu dapat menimpa kita. 



1.    Makan Buah 

     


           Kebiasaan makan buah setelah makan ternyata adalah kebiasaan yang keliru. setelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencerna, jika seusai makan lalu menyantap buah, buah akan terhambat oleh makanan yang lebih dulu disantap, akibatnya buah-buahan tidak bisa tercerna secara normal. jika berlangsung lama, akan menyebabkan gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar dan gejala lainnya.
 


2.    Minum Teh 

    
    Minum teh seusai makan, dapat mengencerkan getah lambung, akibatnya mempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh banyak mengandung tanin (asam tanat), jika minum teh seusai makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karena kurang zat besi.




3.    Merokok


   

        Bahaya merokok sehabis makan lebih besar 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa! Ini dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan menyebabkan penyakit pada aspek-aspek terkait ini.
 


4.    Mandi


   


       Mandi sehabis makan, volume aliran darah pada permukaan tubuh akan meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, dan menyebabkan pencernaan buruk.
 


5.    Mengendurkan Ikat Pinggang


    



        Mengendorkan ikat pinggang setelah makan, meskipun terasa agak nyaman, tapi hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut, memaksa lambung turun (terjuntai). Jika kebiasan tersebut terus dilakukan, akan benar-benar mengidap lambung turun.
 


6.    Makan Angin (Berjalan-Jalan)



        “Makan angin” sehabis makan, bukan saja tidak dapat hidup “99” (panjang umur), bahkan karena meningkatnya volume olahraga sehingga dapat mempengaruhi saluran pencernaan terhadap serapan gizi. Terutama manula, fungsi jantung melemah, penyempitan pembuluh darah, banyak berjalan seusai makan akan timbul gejala tekanan darah menurun dan lain-lain gejala.
 


7.    Berkaraoke


       
        Seusai makan isi lambung kita membesar, dinding lambung menjadi tipis, volume aliran darah meningkat, saat demikian, bernyanyi dapat membuat sekat ronga badan pindah ke bawah, beban rongga perut bertambah, jika ringan akan menyebabkan pencernaan buruk, sebaliknya dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan gejala penyakit lainnya.

 


8.    Mengendarai Mobil

   


       Rawan terjadi kecelakaan jika habis makan lalu menjalankan kendaraan. Ini dikarenakan sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk sementara waktu, sehingga dengan demikian dapat menyebabkan kesalahan operasional.

 

9.    Tidur

   


    
   Jangan ikuti kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.




10.  Minum Air Es

     


      Air dingin akan membekukan makanan berminyak, terutama berlemak, yang Anda santap. Lemak itu akan terbentuk dalam usus dan akan mengakibatkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan sehingga menimbulkan kegemukan. Gantilah dengan minum air hangat.
 


11.  Olahraga



       Jika anda ingin berolah raga setelah makan, lebih baik olah raga itu dilakukan 15 hingga 30 menit setelah anda selesai makan agar tidak mengganggu pencernaan makanan anda.
 



12.  Pergi

   

       Kalo yang ini sebenarnya gak terlalu ngaruh sama kesehatan. tapi rasanya koq kurang sopan setelah makan langsung pergi. apalagi makan di warung atau restoran, bisa-bisa dikejar sama yang punya warung ditagih uang makannya.

0 komentar:

 

Cuap-Cuap Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea